Cara Mengatasi Komputer/Laptop Yang Sering Restart Sendiri

Cara Mengatasi Komputer/Laptop Yang Sering Restart Sendiri - Pernahkah sobat mengalami permasalahn komputer/laptop sobat yang sering restart atau mati sendiri ?? jika pernah, bagaimana cara sobat mengatasinya, apakah harus dibawa ke tukang servis atau diperbaiki sendiri. nah mungkin kita yang tidak begitu tau mengenai komputer seperti saya di buat bingung karena komputer kita mati sendiri tanpa ada sebab dan akibat, tetapi setelah saya tanya sana sini soal permasalahan tersebut ternyata ada beberapa perangkat yang ada didalamnya bermasalah.. Nah maka dari itu saya kali ini akan membahas mengenai Cara Mengatasi Komputer/Laptop Yang Sering Restart Sendiri, Oke langsung saja sobat di simak tips dan triknya berikut ini :

Komputer/Laptop Sering Restart Sendiri ???


1. RAM Bermasalah

Cara Mengatasi Komputer/Laptop Yang Sering Restart Sendiri

RAM sangat berperan penting bagi komputer/laptop yaitu sebagai tempat penyimpanan data sementara, jika RAM bermasalah maka program akan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Terkadang permasalahan setiap laptop berbeda-beda, seperti salah satunya yaitu RAM. jika sobat mengetahui tentang RAM, coba sobat bongkar dan lepaskan RAM dari tempatnya, kemudian bersihkan tembaga kuning yang terdapat pada RAM dengan menggunakan penghapus. Setelah selesai dibersihkan jangan lupa sobat memasangnya lagi, semoga laptop sobat tidak mati sendiri lagi.


2. Pasta Processor Kering

Cara Mengatasi Komputer/Laptop Yang Sering Restart Sendiri

Ini dia sobat yang sering terjadi jika laptop kita sudah berumur lama, pasta processor akan menjadi kerong dan akibatnya panas panas pada processor tidak tersalurkan ke pembuangan akhir yang mengakibatkan laptop mati sendiri. Solusinya, jika sobat tahu dimana letak processor tersebut, sobat oleskan pasta processornya secara merata. Tetapi jika sobat tidak mengetahui dimana letaknya, jangan sekali-kali membuka tempat processor tersebut. Pasta Processor bisa sobat dapatkan ditoko-toko komputer dan harganya pun relative murah.


3. Banyak Debu dan Kotoran di dalam Laptop

Banyak Debu dan Kotoran di dalam Laptop


Terkadang kita tidak mengetahui atau mengabaikan ketika laptop kita terlihat kotor, tetapi hal sepele seperti debu bisa berakibat fatal bagi laptop sobat. Jika sobat bisa membongkar laptop, sobat bersihkan debu/kotoran yang berada didalam laptop dengan menggunakan kuas, terutama dibagian kipas dalam dan saluran pembuangan udara. Biasanya laptop mati sendiri karena akibat tersumbatnya saluran udara dan kipas dalam.

4. Sistem Operasi Rusak
Nah.. untuk masalah ini sobat tidak perlu bongkar laptop, cukup sobat instal ulang laptop sobat dengan sistem operasi yang baru dan tentunya sesuaikan juga dengan spesifikasi laptop sobat. Biasanya penyebab laptop mati karena program yang crash, sering terjadi restart ulang.


5. Mainboard Rusak
Kalau masalah yang satu ini sulit untuk ditanggulangi, jika penyebab pertama sampai ke empat sudah dilakukan dan tidak ada solusinya, maka coba sobat bawa laptopnya ke tukang service untuk mengeceknya kembali. Biasanya mainboard bermasalah akibat umur laptop yang sudah lama dan laptop sering dipakai terus-terusan. Laptop baru dan ganti mainboard harga tidak jauh beda, sobat harus pikir-pikir lagi untuk mengganti hardware yang satu ini.

Itu tadi sebagian kecil masalah yang biasa terjadi pada komputer/laptop yang restart sendiri dan cara mengatasinya, mungkin sampai di sini dulu sobat pertemuan kita di kesempatan kali ini semoga dalam pembahasan artikel Cara Mengatasi Komputer/Laptop Yang Sering Restart Sendiri bisa bermanfaat bagi sobat semua..

0 Response to "Cara Mengatasi Komputer/Laptop Yang Sering Restart Sendiri"

Post a Comment